Hasil Pertandingan Villareal vs Barcelona 29 Januari 2012

Barcelona tertinggal semakin jauh dari Real Madrid di klasemen Liga Spanyol. Bertandang ke Villarreal, The Catalans cuma bisa dapat satu poin setelah bermain imbang tanpa gol, 0-0.

Dalam pertandingan di El Madrigal, Minggu (29/1/2012) dinihari Barcelona tampil dominan dan punya sangat banyak peluang. Namun rapatnya pertahanan The Yellow Submarine membuat Barca frustrasi karena hingga peluit akhir dibunyikan tetap gagal bikin gol.

Hasil imbang ini jadi pukulan buat Carles Puyol dkk karena baru tiga haru lalu mereka mendepak Real Madrid dari ajang Copa del Rey. Lebih jauh lagi, kekalahan ini membuat selisih poinnya dari El Real makin melebar menjadi tujuh angka.


Barca kini punya koleksi poin 45 sementara Madrid, yang beberapa jam sebelumnya menang 3-1 atas Real Zaragoza, punya 52 poin. Meski roda kompetisi masih sangat panjang, tertinggal tujuh poin dari Los Merengues bisa menyulitkan anak didik Josep Guardiola dalam upaya mempertahankan titel juara.

Jalannya Pertandingan

Villarreal lebih dulu punya peluang saat tendangan Cani tepat mengarah ke pelukan Victor Valdes. Tak lama Barca membalas melalui Lionel Messi, namun juga tak membuahkan hasil karena tendangan voli yang dia lepaskan melayang tinggi.

Di menit 18 Messi punya kans besar membawa Barca unggul. Tinggal berhadapan dengan kiper Diego Lopez setelah dapat umpan dari Dani Alves, bola yang dicungkil pemain terbaik dunia itu tipis melebar dari sasaran.

Sepuluh menit berselang gantian gawang Barca dalam tekanan. Valdes dan Gerard Pique bertabrakan saat berupaya membuang bola, dalam momen tersebut Javier Mascherano berhasil menghalau di kulit bundar dari masuk ke gawang. Upaya rebound Villarreal dimentahkan oleh Eric Abidal.

Peluang terakhir di babak pertama jadi milik Villarreal, tendangan keras Senna dari luar kotak penalti memaksa Valdes terbang menjangkau bola dan menyelamatkan gawangnya. Turun minum dan skor masih sama kuat 0-0.

Di awal babak kedua Villarreal mengklaim penalti menyusul pelanggaran keras yang dilakukan Sergio Busquets di kotak penalti. Barca beruntung insiden tersebut tak membuat wasit menunjuk titik putih.

Barca tampil kurang menyengat di babak kedua ini. Alhasil tak banyak peluang bersih berhasil dibuat Messi cs. Kesempatan besar mencetak gol baru datang jelang berakhirnya pertandingan.

Salah satunya adalah saat tendangan Messi dari dalam kotak penalti usai melakukan kerjasama satu-dua dengan Alexis Sanchez masih bisa dihalau kiper Villarreal sambil menjatuhkan badannya. Bola mental dari kejadian tersebut jatuh ke kaki Cecs Fabregas yang berdiri di muka gawang dalam posisi tak terkawal. Menghadapi gawang yang kosong tendangan Cecs melayang tinggi.

Susunan Pemain

Villarreal: Diego Lopez; Angel, Gonzalo, Musacchio, Oriol; Senna, Bruno Soriano, Cani ('72 Castellani), Borja Valero; Joselu, Marco Ruben

Barca: Valdes; Dani Alves, Pique ('60 Alexis Sanchez), Puyol, Abidal; Sergio Busquets, Mascherano, Xavi; Cesc, Messi, Adriano ('70 Cristian Tello)