17 Remaja Indonesia Berlatih Di AC Milan Junior Italia

Sebanyak 17 pemain muda sepak bola Indonesia meninggalkan Jakarta menuju Milan pada Rabu (13/10/2010) dini hari untuk mengikuti pelatihan selama dua minggu.


Pemain yang terpilih dalam program All Star Team Challenge AC Milan Junior Camp itu merupakan pemain yang lolos dari serangkaian seleksi program pembibitan dan pembinaan pemain dari kontribusi klub AC Milan bagi pengembangan sepak bola di tingkat global.

"Saat ini kami sedang transit di Dubai, menunggu keberangkatan ke Milan pada pukul 09:05 waktu Dubai," tulis Ricky Djoharti melalui pesan singkatnya seperti diterima Bidang Media PSSI Tubagus AP seperti yang kami kutip dari kompas.com, Rabu (13/10/2010).

Ricky Djoharti adalah Managing Director PT Asia Sports Development, pemegang lisensi eksklusif AC Milan Camp untuk Indonesia. Ini merupakan salah satu program yang tengah merintis jalan menuju pemain kelas dunia. Program di markas salah satu klub terbaik dunia itu berjalan lebih dari sepuluh tahun dan telah dilaksanakan di 180 lokasi di 36 negara.

Program All Star Challenge AC Milan Camp untuk Indonesia dibuka oleh salah satu legenda AC Milan dan dunia Franco Baresi pada 12 Mei 2010 di Lapangan D, Senayan, Jakarta. Dari hasil rangkaian seleksi, terpilih sepuluh pemain yang berhak mendapatkan beasiswa untuk mengkuti AC Milan Camp di Bali pada 12 Juni hingga 10 Juli.

Dalam tahapan ini mereka harus bersaing dengan peserta lainnya yang telah mendaftar melalui program reguler untuk masuk "All Star Team" yang layak mengikuti proses selanjutnya, berlatih dan bertanding di Italia serta kesempatan direkrut AC Milan Academy.

Bibit-bibit muda yang terjaring dari AC Milan Junior Camp di Bali, sebelum diberangkatkan ke Milan, lebih dulu berkumpul di Jakarta pada 27 September hingga 12 Oktober lalu untuk mengikuti pelatihan dari Raffaele Paolino. Pemain juga berkesempatan berpamitan kepada Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga Andi Alfian Malarangeng dan Sekjen PSSI Nugraha Besoes.

Selama berada di Milan, ke-17 pemain The All Star Team AC Milan Challenge ini didampingi oleh pelatih Yeyen Tumena, mantan pemain nasional yang berkesempatan menjalani latihan di Italia dalam program PSSI Primavera, serta Ricky Djoharti sebagai manajer tim.

Ke-17 pemain dalam progam All Star Team AC Milan Junior Camp Challenge adalah:
Samuel Budi Santoso (14 tahun/Jakarta), James Kho, (16/Jakarta), Galih Dwi Jayanto (15/Bali), Richard Hidayat (15/Jakarta), Ferry Ferdiansyah (15/Bintan), Armando Mamangkay (15/Jakarta), Agus Setyawan (15/Bali), Arvie Nabiel (15/Jakarta), Eriyanto (14/Sukabumi), I Putu Angga Eka Putra (14/Bali), M Aek Nabara (14/Jakarta), David Nathan (14/Jakarta), Alberto Putra Miggliavacca (13/Bali), Albani Adiyasa Zachman (13/Jakarta), Nur Nugroho (12/Jakarta), Mahir Radja Satya Djamaoeddin (12/Jakarta), Adjani Yahya (9/Jakarta).