Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2012 Antara Inggris vs Montenegro 13 Oktober 2010

Inggris boleh mendominasi laga kala menghadapi Montenegro. Namun, kurang akuratnya penyelesaian akhir plus ketangguhan kiper Mladen Bozovic, membuat mereka urung mencetak gol.

Pada laga yang dihelat di Stadion Wembley, Rabu (13/10/2010) dinihari WIB, Inggris tampil dengan mengandalkan Wayne Rooney dan Peter Crouch di lini depan. Keduanya disokong oleh Steven Gerrard dan kedua sayap, Ashley Young dan Adam Johnson.
 

Sementara Montengero tak diperkuat oleh bomber andalannya, Mirko Vucinic, yang absen akibat cedera. 'Tim Tiga Singa' pun tampil mengurung pertahanan tamunya itu.

Namun demikian, Inggris tak mampu berbuat banyak. Segudang peluang mereka dapatkan, tapi tak satu pun berbuah gol. Kurang bagusnya penyelesaian akhir dan briliannya penampilan Bozovic di bawah mistar Montenegro adalah salah satu penyebabnya. Laga berakhir dengan skor 0-0.

Hasil ini jelas menguntungkan Montenegro. Mereka sukses mempertahankan posisi puncak klasemen Grup G dengan koleksi nilai 10. Sementara Inggris harus puas berada di urutan dua dengan nilai tujuh.

Jalannya Pertandingan

Inggris langsung menggebrak di awal laga. pada menit ketiga, Steven Gerrard mengirim umpan terobosan ke depan gawang dan ada Crouch di sana. Namun, kaki panjang Crouch gagal menjangkau bola sehingga si kulit bundar pun bergulir meninggalkan lapangan.

Inggris baru mendapatkan peluang emas lagi pada menit 17. Umpan Gerrard ke sisi kanan diterima oleh Glen Johnson. Bek kanan Liverpool itu lalu melepaskan umpan silang ke kotak penalti dan langsung disambut dengan sundulan oleh Crouch. Hasilnya? Bola masih melambung di atas gawang.

Inggris masih mengurung pertahanan Montenegro. Pada menit 33, Adam Johnson mencoba peruntungannya dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, namun bola masih menyamping di sisi gawang.

Satu peluang terakhir Inggris di babak pertama dipersembahkan oleh Rooney. Namun, sama seperti usaha-usaha sebelumnya, peluang yang satu ini juga belum membuahkan hasil. Sepakan Rooney mengarah tepat ke tangkapan kiper Mladen Bozovic.

Skuad arahan Fabio Capello itu pun masih intens melakukan serangan di babak kedua. Namun, Montenegro meladeninya dengan permainan sedikit keras sehingga kartu kuning pun beberapa kali dikeluarkan oleh wasit Manuel Grafe--sepanjang laga ia mengeluarkan sembilan kartu kuning, empat untuk Inggris dan lima untuk Montenegro.

Ashley Young beberapa kali melakukan tusukan dari sisi kiri. Kecepatan sayap milik Aston Villa ini layak diacungi jempol, tetapi tetap saja belum mampu membawa The Three Lions mendapatkan gol.

Rooney kembali mendapatkan peluang pada menit 59 ketika umpan terobosan Gerrard disambarnya dengan tendangan kaki kanan. Bozovic bereaksi bagus dengan menepisnya. Bola muntah kemudian sempat dicecar Crouch, tetapi lagi-lagi sang penjaga gawang mampu mengamankan bola.

Bozovic kembali memperlihatkan kegemilangannya di menit 73. Sepakan keras kaki kanan Rooney dari dalam kotak penalti mampu ditepisnya dengan satu tangan. Inggris kembali gagal mendapatkan gol.

Di tengah hiruk-pikuk serangan Inggris, Montenegro sempat memberikan sedikit sentilan di menit 84. Milan Jovanovic melepaskan tendangan keras, tapi bola masih membentur mistar gawang Inggris. Satu lagi peluang di pertandingan ini mentah.

Usaha Inggris di menit 89, melalui tendangan voli Gareth Barry di menit 89 juga masih menemui kegagalan. Bozovic lagi-lagi sukses mementahkan peluang dengan menepis tendangan gelandang Manchester City itu.

Sampai peluit akhir dibunyikan, tak ada gol tercipta. Laga berakhir dengan skor kacamata.

Susunan Pemain

Inggris : Joe Hart, Joleon Lescott, Rio Ferdinand, Glen Johnson, Ashley Cole, Steven Gerrard, Gareth Barry, Adam Johnson, Ashley Young (Shaun Wright-Phillips 74), Wayne Rooney, Peter Crouch (Kevin Davies 69).

Montenegro : Mladen Bozovic, Marko Basa, Miodrag Dzudovic, Milan Jovanovic, Stefan Savic, Mitar Novakovic (Mladen Kascelan 62), Branko Boskovic (Fatos Beciraj 82), Milorad Pekovic, Simon Vukcevic, Elsad Zverotic, Radomir Djalovic (Andrija Delibasic 77).