Wanita Zaman Sekarang Ternyata Lebih Cepat Mengalami Penuaan Dini

Menopause umumnya terjadi pada perempuan yang berusia di atas 50 tahun. Tapi perempuan masa kini memiliki risiko lebih cepat terkena menopause dini akibat pola hidup yang tidak benar.

"Saat ini menopause dini cenderung meningkat dibandingkan sebelumnya. Kondisi ini bisa disebabkan oleh gaya hidup atau ada penyakit tertentu," ujar Prof Dr Med Ali Baziad, SpOG (K) dalam acara media lunch Bayer Schering Pharma dengan tema 'Siap Menghadapi Menopause: Penanganan Tepat Mengatasi Gejala Menopause' di Seribu Rasa Restaurant, Jakarta, Kamis (21/10/2010).

Prof Ali menuturkan beberapa kondisi yang menyebabkan menopuause dini seperti penyakit
infeksi, kanker ovarium atau melakukan radiasi pada ovarium, dan hal ini tidak bisa dicegah.

Namun ada juga yang disebabkan oleh gaya hidup seperti mengonsumsi terlalu banyak obat penurun berat badan, pola diet yang terlalu ketat atau anoreksia. Dan penyebab-penyebab ini sebenarnya bisa dicegah.

"Masyarakat cenderung ingin menurunkan berat badan secara instan, dan memilih mengonsumsi beberapa jenis obat penurun berat badan sekaligus dan tidak sesuai aturan. Padahal kondisi ini bisa mempengaruhi jumlah sel telur yang dimilikinya," ujar dokter yang berpraktik di Klinik Yasmin Kencana RSCM Jakarta.

Prof Ali menjelaskan penggunaan berbagai jenis obat penurun berat badan bisa menekan sistem di otak yang berfungsi mengatur kematangan dari sel telur. Akibatnya, sel telur yang dimilikinya tidak berkembang dan lama-lama menjadi mati. Atau bisa juga obat-obatan yang dikonsumsi tersebut langsung menyerang ovarium dan merusak sel-sel telur yang dimiliki oleh si perempuan.

"Orang menjadi gemuk adalah akibat asupan kalori yang berlebih, jadi lebih baik menurunkan berat badan dengan berolahraga atau mengatur pola makannya jika ingin kurus bukan dengan obat-obatan," ungkap dokter yang menjadi Kepala Divisi Imunoendokrinologi Departemen Obstetri dan Ginekologi FKUI/RSCM seperti yang kami kutip dari detikhealth.com.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk mencegah seseorang terkena menopause dini yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat seperti berhenti merokok, berolahraga serta mengonsumsi makanan yang baik misalnya sejak masih muda rajin mengonsumsi kedelai, kacang merah, bengkuang atau pepaya.

Prof Ali mengungkapkan bahwa seseorang yang mengalami masa puber lebih cepat tidak berarti akan mengalami menopause yang lebih cepat juga. Kapan seseorang terkena menopause itu tergantung dari berapa banyak jumlah sel telur yang dimiliki oleh perempuan tersebut sejak ia dilahirkan.