Istana Baru Raja Malaysia Menelan Dana Rp. 2,3 Triliun

Raja Malaysia akan mendapatkan istana baru yang diperkirakan akan rampung pada Juni tahun depan. Biaya pembangunan istana ini sendiri diperkirakan menghabiskan sebesar USD258 juta atau sekira Rp2,3 triliun (Rp8.930 per USD).

"Istana Negara" ini dibangun di wilayah perbukitan di pinggiran Kota Kuala Lumpur dengan atap berbentuk bulat. Istana dengan komplek yang luas ini juga dihubungkan dengan jalan raya utama di Kuala Lumpur, dengan disediakan akses khusus ke dalam istana.
 


Seperti dilansir AFP, Rabu (20/10/2010), istana megah tersebut dibangun di atas lahan seluas 100 ribu meter per segi yang dimiliki oleh pihak istana sejak tahun 1990-an. 

Menurut Menteri Pekerjaan Umum Malaysia Shaziman Abu Mansor, istana ini direncanakan akan rampung pada 30 Juni tahun depan. Shaziman menyebutkan jika dana untuk menyelesaikan istana sebesar USD258 juta atau sebesar Rp2,3 triliun.

Meski akan menjadi kebanggaan pihak keluarga kerajaan, pembangunan istana ini mengundang kecaman dari pihak oposisi pemerintah. Pihak oposisi mengkritik pemerintah yang langsung menjalankan proyek pembangunan istana ini tanpa melalui proses tender.

Namun pihak pemerintah mengatakan konstruksi istana ini dibangun tanpa proses tender, karena sifatnya yang spesial. Selain itu pengabaian proses tender juga disebabkan faktor keamanan bagi pihak keluarga kerajaan.