Padang Diterjang Banjir

Banjir menerjang Kota Padang sejak malam hingga pagi ini. Hujan deras yang disertai badai mengguyur Kota Padang dari pukul 17.00 WIB, hingga dini hari mengakibatkan ratusan rumah di kawasan bibir pantai Padang tergenang setinggi setengah meter sampai satu meter. Akibatnya, warga terpaksa mengungsi ketempat yang lebih tinggi.



"Dari pengecekan kami ke lapangan bersama tim dan Pemkot Padang, kami melihat kawasan tersebut merupakan daerah yang mengalami genangan air yang cukup tinggi. Namun yang paling parah adalah kawasan Danau Cimpago, di Kelurahan Purus, Padang Barat. Ada 180 rumah tergenang di kawasan ini," ujar Kepala Unit Penanggulangan Bencana dan Informasi, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang Edi Asri di Purus, seperti yang kami kutip dari okezone.com Rabu (13/10/2010).

Untuk sementara ini warga mengungsi ke tempat yang lebih tinggi, yakni di SDN 28 Padang dan Mushalla Al Imam yang berada di kawasan Jalan Veteran.

Mengantisipasi korban jiwa dalam bencana ini, Pemko Padang memberikan bantuan logistik dan obat-obatan kepada warga.

"Kita memberikan bantuan makanan serta obat-obatan bagi korban banjir di tempat pengungsian, berupa mi instan serta biskuit," kata Wakil Wali Kota Padang Mahyeldi Ansyarullah.

Pantauan okezone di lapangan, daerah yang mengalami genangan air akibat hujan meliputi daerah Purus, Lolong Belanti, Jalan Veteran Makam Pahlawan, Kampung Pondok, dan Daerah Lapai.