4 Cara Alami Mengatasi Ketombe

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang sering dihadapi. Ada begitu banyak shampo anti ketombe, namun kebanyakan shampo tersebut terlalu keras untuk rambut sehingga membuatnya rusak.

Bahan alami merupakan cara yang aman untuk mengatasi ketombe. Sebagai bonusnya, bahan tersebut membuat rambut menjadi lebih indah. Berikut empat cara untuk membuat rambut bebas dari ketombe dengan bahan alami, seperti yang dikutip dari detik.com.

Penyegar mulut
Anda mungkin belum pernah mendengar hal ini sebelumnya, ternyata kandungan antibacterial pada penyegar mulut efektif mengatasi ketombe dan rasa gatal pada kulit kepala. Campurkan penyegar mulut dengan air hasil penyulingan dan shampo Anda dalam sebuah cangkir. Berkeramaslah seperti biasa sambil memijat kulit kepala dengan jari untuk meningkatkan sirkulasi kutikula pada rambut. Perawatan secara rutin akan mengusir bakteri dan ketombe.

Cuka
Kandungan potasium dan enzim dalam cuka dapat membantu menghindari ketombe dan kulit kepala yang gatal. Campurkan sedikit cuka yang dengan air. Sebelum tidur, oleskan ampuran tersebut pada kulit kepala, kemudian bungkus rambut dengan handuk. Keesokan harinya, cuci rambut setelah bangun tidur. Hasilnya akan Anda rasakan setelah perawatan selama dua minggu.

Minyak zaitun
Kandungan vitamin E tidak hanya baik untuk kulit tubuh, tetapi juga untuk kulit kepala. Campurkan minyak zaitun dengan kacang almon. Aplikasikan pada rambut dan pijatlah kulit kepala dengan jari. Bersihkan rambut setelah memijat kulit kepala.

Aloe vera
Lidah buaya atau aloe vera sudah terkenal sejak dahulu untuk mengusir ketombe. Tuangkan ekstrak aloe vera pada bagian kepala yang sering berketombe, diamkan dan bersihkan setelah 15 menit. Setelah beberapa kali perawatan, ketombe di kepala akan hilang.